-->

Tempat Wisata Baru Goa Tambang Kapur Cantik Nan Eksotis di Tuban

TUBAN – Sebuah goa ditemukan di lokasi area pertambangan batu kapur yang terletak di dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Gua tersebut berada di lahan Sudaryono.

Gua ini di temukan tidak sengaja oleh Sudaryono. Ketika sudaryono menambang batu kapur dengan cara memotongnya, iya mengatakan, “ saya sedang memotong batu kapur saat mendapati lubang kecil yang menghembuskan angin di dalamnya, saya membuat lubang semakin besar seukuran orang dewasa agar bisa masuk ke dalamnya”.

Warga Dusun mengecek kondisi goa yang ditemukan di areal tambang batu kapur. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Usai membuat lubang, dia dan penambang lain turun mengecek kedalam. Di dalam gua Sudaryono menuturkan.  Terdapat stalagtit dan stalagmite yang sangat memukau dan sangat indah. Menyatu dengan langit – langit gua. 

Menurut Chosin, dari lubang segiempat hingga ke dasar goa tingginya sekitar 20 meter, sedangkan lebar di dalam goa sekitar 15 meter. Setelah sampai di dasar gua dan berjalan ke arah barat, ia lalu menemukan lubang kecil, sehingga harus merangkak untuk masuk.

"Setelah saya merangkak melalui lubang sempit dan menemukan gua lagi. Cukup luas mungkin sampai tiga kali. Panjangnya bisa ratusan meter yang ke arah barat. Di dalamnya penuh dengan bebatuan yang sangat indah termasuk bebatuan mirip tangan," ucapnya.

Meski goa ini masih dalam proses penelitian, tapi sudah banyak pengunjung yang datang karena rasa penasaran dan berusaha mendekati kawasan gua ini. Petugas polsek juga masih melarang warga untuk turun ke goa ini.

Mungkin goa ini masih dibilang baru dan masih dalam proses penelitian. Tapi mungkin beberapa waktu kedepan, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan wisata. Apalagi yang ingin mendatangi tempat wisata baru. Pemandangan Stalagtit dan Stalagmit yang membentang sepanjang 250 meter akan menjadi salah satu tempat wisata yang tak terlupakan.

Dilansir dari Liputan6.com

0 Response to "Tempat Wisata Baru Goa Tambang Kapur Cantik Nan Eksotis di Tuban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel